13 Juli 2016

6 (ENAM) BAHAYA BERMAIN POKEMON GO


Eksisnya permainan (game) Pokemon Go menjadi tambahan permainan baru yang pastinya sangat digemari oleh para gamer. Apalagi di dalam permainan ini, para gamer yang biasa hanya duduk di depan PC atau layar game yang digunakan untuk bermain game kali ini Pokemon Go menghadirkan inovasi dengan penggunaan GPS di dalam permainan Pokemon Go ini. Hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi pengguna Pokemon Go karena selain pengguna dapat menikmati game ini secara audio-visual, pengguna juga ikut merasakan secara nyata dalam memainkan game Pokemon Go ini. Pasalnya Pokemon Go ini membuat para penggunanya harus berjalan untuk menangkap karakter-karakter pokemon yang tersebar di dunia nyata.



Sumber: http://www.techtimes.com

Game yang dirilis oleh Nintendo pada 6 Juli 2016 sebagai aplikasi baru untuk Iphone di Asia dan Australia, perlahan-lahan diluncurkan ke seluruh dunia. Luasnya peluncuran hingga berbagai belahan dunia tentu menjadi keuntungan sendiri bagi pembuat atau perilis game fenomenal ini. Tidak hanya itu, bagi penggemar game (gamer) juga mendapat keuntungan sendiri karena Pokemon Go ini menjadi daftar tambahan koleksi permainan bagi para gamer sejati. Namun demikian, sebelum kita benar-benar mengunduh atau bermain game Pokemon Go ini, alangkah baiknya kita harus membaca beberapa bahaya dari permainan Pokemon Go tersebut, berikut ini adalah beberapa bahaya bagi pengguna Pokemon Go:


Pada dasarnya permainan diciptakan oleh manusia dengan tujuan membuat para penggunanya merasa nyaman dan kecanduan dalam memainkan permainan yang dibuat tersebut. Kebanyakan orang bermain game dilakukan bukan sekali  atau dua kali melainkan permainan game menjadi sebuah keharusan bagi para gamer bahkan sebagian orang mungkin berpendapat lebih baik jomblo daripada harus tidak bermain game seharian. Fenomena ini terjadi karena makin maraknya permainan yang dapat diakses dengan mudah sejalan dengan berkembangnya teknologi di dunia. Oleh karena itu, apabila kita tidak bijak dalam menggunakan aplikasi game seperti Pokemon Go ini, bukan dampak baik yang akan kita dapat melainkan kita akan diperbudak oleh permainan ini. Mengapa demikian? Karena, apabila kita sudah larut dalam bermain Pokemon Go kita menjadi lupa akan hal-hal yang seharusnya kita lakukan pada saat itu, misalnya saja saat jam istirahat siang yang seharusnya kita memiliki ± 1,5 jam yang dapat kita gunakan untuk makan siang, sholat dan beristirahat, waktu tersebut justru sia-sia dan habis digunakan untuk mencari karakter-karakter Pokemon di dalam permainan Pokemon Go tersebut.  Contoh lain, jika seorang pelajar atau mahasiswa yang mempunyai tugas dari guru/dosen akan melalaikan bahkan melupakan tugas tersebut karena begitu larutnya dalam bermain game Pokemon Go. Hal ini tentu membuat hidup pengguna seakan-akan dikuasai oleh Permainan Pokemon Go tersebut. 


Sebagian pengguna game Pokemon Go yang kurang cermat dalam mempergunakan waktu atau kesempatan akan berakibat tidak baik bagi produktivitas kerjanya. Sebab, pengguna yang sudah keasyikan bermain Pokemon Go akan menunda-nunda pekerjaannya di kantor dengan alasan sedang keasyikan berburu karakter pokemon. Terkadang pengguna menjadi kurang fokus terhadap pekerjaannya karena sibuk bermain Pokemon Go, bahkan pengguna dapat menunda meeting dengan klien karena bersamaan saat pengguna sedang tidak mau melewatkan waktunya untuk menemukan banyak karakter Pokemon di dalam permainannya. Sehingga, banyak waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja justru terbuang untuk bermain Pokemon Go.


http://nefifitriana.blogspot.co.id
Bagaimana hal ini tidak terjadi? Karena begitu asik dan fokusnya pengguna dalam mencari karakter Pokemon di dunia nyata sambil berpetualangan atau berlari sehingga mereka tindak menghiraukan keadaan sekitar. Bayangkan saja jika pengguna sedang menyeberang jalan sambil fokus membidik karakter pokemon di permainannya, tanpa melihat kiri dan kanan tiba-tiba ada kendaraan lewat dengan kecepatan tinggi dan tidak sempat untuk menghindar, hal ini tentu sangat membahayakan diri-sendiri maupun orang lain. Selain itu, bisa saja saat sedang sendirian di rumah kemudian tanpa sadar karena begitu serunya bermain Pokemon Go, tiba-tiba meninggalkan rumah tanpa mengunci rumah terlebih dahulu maka bukan hal yang tidak mungkin akan mengundang maling masuk ke dalam rumahnya. Bahkan apabila meninggalkan rumah dengan kondisi kompor menyala, tentu ini dapat menyebabkan kebakaran rumah. Kemudian contoh lain juga bisa terjadi jika pengguna Pokemon Go tidak memperhatikan keadaan di depannya yang memungkinkan terdapat bahaya yang tidak disadari oleh pengguna.


Karena sudah kecanduan dengan permainan Pokemon Go, banyak pengguna yang memilih waktu istirahatnya untuk mencari karakter-karakter Pokemon di luar rumah tanpa mempedulikan waktu. Misalnya sepulang kerja sore hari atau malam hari, kemudian saat di perjalanan menjumpai karakter Pokemon sehingga menunda kepulangannya karena asik bermain. Atau pada saat malam hari tiba-tiba banyak menjumpai karakter Pokemon saat coba-coba mencari dan akhirnya tanpa mempedulikan waktu petualangan pun berlanjut hingga keluar rumah dan pergi ke berbagai tempat untuk mencari karakter lainnya. Ini tentu juga dapat mengganggu waktu berkumpul dengan keluarga.


Karena kurangnya memperhatikan keadaan sekitar dan juga tidak memperhatikan waktu dan tempat bagi pengguna Pokemon Go, sehingga membuat orang lain yang melihatnya akan merasa aneh saat melihat kekonyolan pengguna Pokemon Go tersebut. Karena begitu antusiasnya si pengguna mencari sesuatu yang mungkin bagi orang lain tersebut tidak ada manfaatnya sama sekali. Bahkan membuat si Pengguna seolah-olah sudah diberdaya oleh permainan tersebut. Selain itu bisa saja seketika si Pengguna disapa atau dipanggil oleh orang lain, tidak menyaut atau merespon karena sudah fokus dengan permainannya.


Pokemon GO tergolong cukup agresif dalam mencari pemasukan lewat cara ini. Selain mata uang digital yang dijual di dalam game yang harus dibeli dengan uang sungguhan, Pokemon GO juga menjual berbagai macam item yang menggunakan uang sungguhan di dalamnya. Jika Pengguna ingin menangkap Pokemon maka Pengguna membutuhkan Pokeball yang terbatas. Untuk memperolehnya dalam jumlah yang memadai, maka Pengguna harus mengeluarkan uang. Untuk melatih pokemon, lagi-lagi cara yang cepat adalah dengan menggunakan uang. Selain itu, paket data internet juga sangat diperlukan bagi para pengguna di luar pengguna free wifi. Ini tentu dapat dengan cepat menguras penghasilan si pengguna setiap saat.


http://nefifitriana.blogspot.co.id
Berdasarkan keenam bahaya bagi pengguna Pokemon Go tersebut tentu dapat memberikan dampak buruk bagi diri sendiri bahkan orang lain. Namun demikian, bukan berarti kita dilarang untuk bermain Pokemon Go. Oleh karena itu untuk menghindarkan si pengguna dari 6 bahaya tersebut, pengguna harus dengan cermat dan bijak dalam mempergunakan aplikasi game Pokemon Go agar permainan tersebut selain bisa menyenangkan juga dapat dijadikan sebagai pengisi waktu luang. Jadi jangan sampe memalaikan hal yang lebih penting karena bermain Pokemon Go.

Link Terkait:
Pokemon Go Pokemon Bahaya Pokemon Go 
6 (Enam) Bahaya Bermain Pokemon Go

0 comments:

Posting Komentar